Selasa, 12 Februari 2013

Museum Tsunami Aceh

Hampir 3 tahun di Aceh baru kali ini masuk Museum Tsunami, haha sesuatu banget gitu yah? dulunya sering mau masuk, tapi tutup mulu (ngeles).

Baiklah langsung saja pemirsa, Museum Tsunami ini terletak di Banda Aceh, sebelah selatan Lapangan Blang Padang. Dibangun pada tahun 2009 oleh arsitek asal Indonesia, Ridwan Kamil. Museum ini merupakan sebuah struktur empat lantai dengan luas 2.500 m² yang dinding lengkungnya ditutupi relief geometris. Di dalamnya, pengunjung masuk melalui lorong sempit dan gelap di antara dua dinding air yang tinggi untuk menciptakan kembali suasana dan kepanikan saat tsunami. Dinding museum dihiasi gambar orang-orang menari Saman sebuah makna simbolis terhadap kekuatan, disiplin, dan kepercayaan religius Suku Aceh, dari atas atapnya membentuk gelombang laut. Lantai dasarnya dirancang mirip rumah panggung tradisional Aceh yang selamat dari terjangan tsunami.

Bangunan ini memperingati para korban, yang namanya dicantumkan di dinding salah satu ruang terdalam museum, Selain perannya sebagai tugu peringatan bagi korban tewas, museum ini juga berguna sebagai tempat perlindungan dari bencana semacam ini di masa depan, termasuk "bukit pengungsian" bagi pengunjung jika tsunami terjadi lagi.

berikut foto-foto di dalam museum, check it out gan !

 
nama-nama korban tsunami di salah satu ruangan museum

 
bagian dalam museum


 maket museum

 gambaran situasi saat datangnya gelombang tsunami


 ruang audio visual tempat pemutaran film dokumenter tsunami


 foto-foto dokumentasi tsunami di ruang pameran


"Gelombang Tsunami" lukisan karya Syahirman yang terpajang di ruang donor


Denah Lokasi Museum

Narsis Dikit

article source: wikipedia

Baca Juga:

0 komentar: